Rumpun mata pelajaran nasional yang wajib diikuti oleh siswa terdiri dari mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia. Ketiga mata pelajaran tersebut mengacu pada Kurikulum 2013 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan diajarkan ke siswa dengan tujuan mengembangkan kepribadian siswa berupa nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai sosial sesuai dengan visi dan misi sekolah.
SPK SMP Xin Zhong menggunakan Cambridge Lower Secondary Program untuk kelas 7-8 dan Cambridge Upper Secondary Program untuk kelas 9-10. Kurikulum Cambridge Internasional telah di ikuti oleh hampir 10.000 sekolah di lebih dari 160 negara di dunia. Kurikulum Cambridge meliputi mata pelajaran English, Mathematics, Science, Information and Communication Technology dan Global Perspectives untuk Lower Secondary yaitu kelas 7-8. Sedangkan untuk Upper Secondary kelas 9-10 mencakup mata pelajaran English as a Second Language, Mathematics, Biology, Chemistry, Physics, Business Studies, Information and Communication Technology dan Global Perspectives. Mata pelajaran ini terstruktur dan memiliki standar pemetaan kompetensi akademik siswa. Cambridge International memberikan final assessment untuk Lower Secondary yaitu Progression Test untuk kelas 7 dan Secondary Checkpoint untuk kelas 8 sedangkan untuk jenjang Upper Secondary adalah IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) pada akhir kelas 10.
Pengajaran Bahasa Tionghoa di SPK SMP Xin Zhong berdasarkan standar Beijing, dimana siswa diharapkan mampu menguasai uji kemahiran Hanyu Shuiping Kaoshi ( HSK) serta mempunyai kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam Bahasa Tionghoa. Selain pelajaran Bahasa Tionghoa, SPK SMP Xin Zhong juga memberikan pengenalan kepada siswa mengenai kebudayaan Tionghoa sejak dini. SPK SMP Xin Zhong juga menerapkan Pengembangan Karakter (Charater Building) yang menggunakan pedoman Di Zi Gui. Tujuan pengajaran Di Zi Gui adalah untuk membentuk pribadi yang unggul dalam moralitas.
Melalui penerapkan kurikulum yang bersifat holistik-integratif sebagai perpaduan antara mata pelajaran nasional, program Cambridge, dan pengajaran bahasa Tionghoa, siswa SPK SMP Xin Zhong diharapkan menjadi seorang pribadi yang bertumbuh kembang seutuhnya dalam aspek fisik (psikomotorik), sosial-emosional (afektif), kognitif, moral dan spiritual.