Sejarah

Didirikan tahun 1934, sekolah Xin Zhong pada awal mula berdirinya dikenal dengan nama Sin Hwa High School, sebuah sekolah Tionghoa jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), tahun 1966 kegiatan operasional Sin Hwa High School berhenti karena kondisi sosial politik pada masa itu.

gedung_lama

Tahun 2000, sekelompok alumni yang  selalu menjaga hubungan baik sejak mereka sekolah di Sin Hwa High School, secara bergotong royong membentuk Yayasan Sarana Hubungan Harmonis Sejahtera (SHHS). Visi mereka adalah membangun sebuah institusi pendidikan yang mampu melahirkan para pemimpin nasional bahkan pemimpin Asia masa depan melalui pendidikan bermutu tinggi dan mewariskan nilai-nilai Tionghoa yang solid kepada  generasi berikutnya. Yayasan SHHS dibentuk untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi kenyataan. Pada bulan Juli tahun 2000 Yayasan SHHS juga membuka kursus bahasa Tionghoa di Plaza Surabaya, bulan Agustus tahun 2001 dibuka kursus serupa di gedung Universitas Widya Kartika, Sutorejo.

Tahun 2004, Yayasan SHHS membuka Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Xin Zhong.  Satu tahun kemudian, tepatnya tahun 2005 Sekolah Dasar (SD) Xin Zhong  dibuka untuk masyarakat sebagai sekolah nasional plus dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)  yang diperkaya dengan kurikulum internasional untuk membekali siswa dengan keterampilan komunikasi tiga bahasa yaitu Bahasa Tionghoa, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

gedung_mulyosari_800
 Xin Zhong School Central Park Mulyosari

gedung_pakuwon_800
Xin Zhong School Pakuwon City

Tahun 2011 dibuka jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan teregistrasi sebagai sekolah Cambridge (Cambridge Center -> Cambridge International Examinantion). Sebagai sekolah Cambridge (Cambridge Center), SMP Xin Zhong menyelenggarakan program Checkpoint dan International General Certificate of Secondary Education (IGCE) untuk peserta didik SMA Xin Zhong kelas 10. Sekolah juga menerapkan kurikulum Bahasa Tionghoa  (Chinese Curriculum) yang berkualitas melalui pembelajaraan empat keterampilan/kompetensi kebahasaan yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Mengacu pada standar nasional pendidikan, SMP Xin Zhong membekali peserta didik  dengan Kurikulum Nasional (Pendidikan Agama & Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia) yang diimplementasikan bersama dengan Kurikulum Bahasa Tionghoa dan Kurikulum Cambridge.

Empat tahun kemudian,  program pendidikan Xin Zhong  Pre-University dibuka untuk peserta didik SMA Xin Zhong kelas 11-12. Di tahun 2015, Xin Zhong Pre-University (SMA  Xin Zhong) menawarkan program Cambridge A-Level,  Bahasa Tionghoa bidang Bisnis Internasional, dan Kurikulum Nasional. Melalui penerapan kurikulum ini, peserta didik dipersiapkan  untuk melanjutkan  ke jenjang universitas/pendidikan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri.